Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kesalahan Umum Saat Merawat Kulit Di Malam Hari

 

KESALAHAN UMUM SAAT MERAWAT KULIT DI MALAM HARI

Perawatan kulit di malam hari merupakan faktor penting, membantu menjaga kulit tetap sehat dan cantik

Kesalahan Umum Saat Merawat Kulit Di Malam Hari
Kesalahan Umum Saat Merawat Kulit Di Malam Hari


Malam adalah waktu "emas" untuk membantu memperbaiki dan memulihkan kulit. Tapi pernahkah kamu bertanya-tanya, kenapa aku bekerja keras merawat kulit tapi tidak berhasil? Kemungkinan Anda telah membuat kesalahan umum berikut.

1. Lewati langkah penghapus riasan

Ini adalah kesalahan paling umum dalam proses perawatan kulit malam hari. Suatu hari, kulit terpapar banyak efek dari sinar matahari, polusi, dan makeup. Menurut dokter kulit Hadley King: "Ketika Anda tidak menghapus riasan, kulit Anda akan menyumbat pori-pori dan membentuk radikal bebas. Hal ini dapat menyebabkan jerawat, kulit kusam, dan penuaan dini.” Selain itu, kulit yang tidak dibersihkan secara menyeluruh akan menghambat kemampuannya dalam menyerap nutrisi lainnya.

>>> CARI TAHU: APAKAH SAYA HARUS MENGGUNAKAN MINYAK UNTUK MENGHAPUS MAKEUP?

2. Melembabkan tapi tidak menghidrasi

Melembabkan dan menghidrasi kulit adalah dua konsep yang sangat berbeda. Kebanyakan wanita hanya fokus pada pelembab namun lupa untuk menghidrasi kulit. Padahal, kedua faktor ini sama-sama menjadi kunci kulit sehat dan mulus.

Minum air putih yang cukup adalah salah satu cara untuk menutrisi kulit dari dalam. Namun, menggunakan produk yang mengunci kelembapan di malam hari sangatlah penting, membantu menjaga kulit tetap kenyal dan mencegah dehidrasi.

>>> REFERENSI: BAGAIMANA PERBEDAAN KOSMETIK AIR DAN KOSMETIK PELEMBAB UNTUK KULIT?

3. Jangan gunakan retinol

Jika Anda berurusan dengan tanda-tanda penuaan, jangan lewatkan retinol. Ini adalah bahan aktif yang membantu memperbaiki pigmentasi, memudarkan bintik hitam dan kerutan halus dengan sangat efektif. Lebih penting lagi, retinol umumnya direkomendasikan pada malam hari, karena dapat membuat kulit sensitif terhadap sinar matahari.

4. Penyalahgunaan antioksidan

Vitamin C juga merupakan bahan aktif yang membutuhkan waktu ideal untuk digunakan. Dokter kulit DiAnne Davis merekomendasikan: “Jangan mengoleskan serum vitamin C sebelum tidur. Ini adalah antioksidan yang harus digunakan pada siang hari untuk melindungi kulit dari radikal bebas.”

Mirip dengan AHA dan BHA, retinol atau vitamin C keduanya melawan radikal bebas, meningkatkan produksi kolagen, dan mencerahkan kulit. Namun, retinol bekerja efektif dengan kadar pH 5,5 – 6. Sedangkan vitamin C membutuhkan kadar pH yang lebih rendah, sekitar 2,5 – 3,5. Oleh karena itu, jika Anda menggunakan kedua komponen ini secara bersamaan, fungsinya akan dinonaktifkan. Selain itu, mudah mengiritasi kulit sensitif dan membuat kulit lebih rentan terhadap sengatan matahari.

Solusi: Gunakan retinol pada malam hari dan vitamin C pada pagi hari. Dilengkapi dengan vitamin C adalah tabir surya untuk meningkatkan perlindungan kulit.

Posting Komentar untuk "Kesalahan Umum Saat Merawat Kulit Di Malam Hari"