Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Perbedaan Antara Kosmetik Pelembap Dan Pelembab/Pengunci?

Apa Perbedaan Antara Kosmetik Pelembap Dan Pelembab/Pengunci?

Dalam perawatan kulit, penyediaan air dan pelembab adalah dua konsep yang sangat berbeda

Air memainkan peran utama dalam memastikan kulit yang sehat, halus dan bercahaya. Oleh karena itu, sebagian besar produk perawatan kulit mengklaim menghidrasi dan/atau melembapkan. Namun, kami jarang membedakan kedua konsep ini dengan jelas karena keduanya merupakan kunci dalam memberikan nutrisi penting pada kulit. Namun, membedakan antara menghidrasi dan melembapkan akan membantu Anda memilih produk yang paling sesuai dengan kulit Anda.

Apa itu suplai air? Mengapa kulit membutuhkan hidrasi?

Hydro-Softening Lotion
Hydro-Softening Lotion

Pasokan air (hidrasi) adalah untuk membantu menyeimbangkan jumlah air dalam sel kulit, membuat kulit montok dan segar. Saat sel kulit kekurangan air, kulit menjadi kurang segar, kusam dan tampak keriput. Menggunakan produk berbahan dasar air akan membantu kulit meningkatkan kemampuannya menyerap kelembapan dan nutrisi dari produk perawatan kulit lainnya.

Apa itu pelembab kulit? Mengapa kulit membutuhkan kelembapan?



Produk pelembab memiliki efek pelembab (moisture lock), yang membantu meminimalkan jumlah air yang menguap dari kulit, mencegah kehilangan air melalui epidermis. Hasilnya, penghalang kulit alami diperkuat, menjadikan kulit lembut dan halus. Jika kulit Anda menjadi kering dan bersisik, Anda perlu meningkatkan pelembap Anda.

Pilih kosmetik yang menghidrasi dan melembapkan kulit Anda

Minum cukup air masih merupakan cara terbaik untuk menghidrasi kulit Anda dari dalam. Namun, orang dengan kulit kering sebaiknya lebih banyak menggunakan produk berbahan dasar air untuk mempercepat penyerapan air ke dalam sel kulit.

Saat memilih untuk membeli kosmetik berbahan dasar air, perhatikan hal-hal berikut:

  • Produk hydrating biasanya dibuat dalam bentuk gel, emulsi, lotion/esens atau pre-serum.
  • Humektan alami akan membantu kulit meningkatkan kemampuannya untuk menghidrasi dirinya sendiri dari waktu ke waktu. Jadi carilah produk pelembab yang mengandung asam hialuronat, lidah buaya, madu, AHA, urea, ekstrak rumput laut. Beberapa bahan pelembab buatan seperti gliserin, propilen glikol juga sangat cocok untuk kulit.
  • Bahan pelembab cocok untuk semua jenis kulit. Mereka larut dalam air, menembus kulit tanpa menyumbat pori-pori.
  • Aturannya, kosmetik yang melembabkan kulit tidak mengandung alkohol sehingga tidak mengeringkan dan mengiritasi kulit.


Kosmetik pelembab adalah produk yang mencegah penguapan air dari kulit. Itu adalah pelembab dan minyak wajah.

  • Saat ini, kosmetik dengan efek melembapkan kulit juga memiliki banyak pilihan. Memiliki tekstur yang ringan atau kental, diformulasikan khusus untuk setiap musim dan untuk jenis kulit yang berbeda.
  • Di musim panas, kulit banyak berkeringat, sebaiknya pilih gel atau krim/lotion yang lembut dengan tekstur yang tipis.
  • Di musim dingin di penghujung tahun, Anda bisa menggunakan produk krim yang mengandung ceramide, minyak kelapa, shea butter. Bahan pelembab ini tidak hanya menutrisi kulit, tetapi juga melawan tanda-tanda penuaan dan kerusakan akibat radikal bebas.
  • Untuk kulit berjerawat, pilihlah pelembap dengan tekstur ringan seperti lotion yang bebas minyak agar tidak menyumbat pori-pori.

Posting Komentar untuk "Apa Perbedaan Antara Kosmetik Pelembap Dan Pelembab/Pengunci? "